Social Media

6 Dampak Negatif Game Online pada anak

1.Depresi

Depresi adalah salah satu efek negatif paling serius dari game online. Pada tahap ini, Anda benar-benar merasa putus asa dan putus asa dalam hidup.

Bermain game online bisa membuat depresi karena sejumlah alasan. Misalnya, cyberbullying di chat room, mencuri data pribadi, meretas akun, curang, bangkrut atau bahkan menjadi korban kekerasan berbasis gender online (KBGO) saat bermain.

2.Lelah mental

Saat Anda bermain game, otak Anda dipaksa untuk terus fokus pada game dan perangkat di tangan Anda. Pada saat yang sama, paparan radiasi layar juga masuk.

Akibatnya, mata mudah lelah dan kepala mudah panas. Secara mental, Anda sangat lelah dan mudah tersinggung, tetapi sulit untuk berhenti.

Jadi sekarang ada asuransi untuk pemain. Perlindungan berupa manfaat kompensasi 100% jika didiagnosis kerusakan saraf mata akibat kelelahan bermain game, pembengkakan ibu jari, gangguan saraf pergelangan tangan, dan gagal jantung.

3.Sulit ngendaliin perilaku impulsif

Efek dari kecanduan game adalah perilaku impulsif sulit dikendalikan. Hal ini didukung oleh Dr. Kristiana Siste, SpKJ(K), “perubahan pada otak membuatnya sulit untuk mengontrol perilaku impulsifnya.”

Pasalnya, otak pecandu game mengalami perubahan struktur dan fungsi otak. Jadi kalo di scan MRI, bagian otak pre-frontal cortex berubah.

Check This :   New Step By Step Map For youtube shorts Thumbnail 2022

4.Emosi nggak stabil

Mudah emosi merupakan salah satu dampak negatif dari bermain game online. Ada banyak hal yang memicu emosi seperti koneksi lambat, fps rendah atau bermain dengan tim yang buruk yang berujung pada kekalahan. Walaupun emosi itu normal, menjadi berlebihan karena masalah game online tentu bukan hal yang baik.

Mengingat, game online sendiri merupakan salah satu hiburan yang tujuannya membuat setiap pemain merasa terhibur. Jika bermain game online membuat Anda merasa emosional sebagai pemain, maka tentu ada yang salah dengan itu.

5.Suasana hati gampang berubah

Mood atau perubahan suasana hati memang mudah berubah, terutama bagi para gamer. Itu dimulai dengan kesenangan dari bermain, dan beberapa menit kemudian berubah menjadi kemarahan atau kejengkelan. Tidak jarang kamu bisa menyumpah atau berkata kasar saat bermain.

6.Ngerasa FOMO

Rasa takut kehilangan atau rasa takut tertinggal juga menghantui para pecandu game. Dampak negatif dari game online ini membuat kamu tidak mau melewatkan kesempatan untuk meraih posisi teratas dan memimpin leaderboard, selalu ingin meng upgrade item atau equipment terbaru dan sejenisnya.

jadi, bagaimana supaya mengatasi kecanduan saat bermain game?

Mengatasi Kecanduan Anak Bermain Game Online

Check This :   Cara Menghitung Denda Shopee Paylater Per Hari

1. Tetapkan batas waktu bermain anak

Jika anak Anda berusia antara 2 dan 5 tahun, biarkan dia bermain hanya 1 jam sehari. Setelah Si Kecil berusia 6 tahun atau lebih, durasi permainan dapat ditentukan sesuai kesepakatan dengannya. Misalnya, anak Anda hanya bisa bermain maksimal 2 jam sehari atau di akhir pekan.

2. Menemani anak-anak dalam permainan

Untuk mengatasi kecanduan game pada anak, ibu dan ayah disarankan untuk menemani si kecil bermain game. Ingatkan anak Anda untuk berhenti bermain dan melakukan aktivitas lain, seperti makan atau belajar, saat waktu bermain telah usai.

3. Ajak anak melakukan kegiatan yang menyenangkan

Untuk mengalihkan pikiran si kecil dari permainan, ajak dia untuk melakukan kegiatan lain yang sama menyenangkannya, seperti menggambar atau mewarnai bersama, memasak bersama, dan berkebun di taman rumah. Ibu dan ayah juga bisa mengajakmu berolahraga.

4. Tentukan konsekuensi jika aturan tidak dipatuhi
Menetapkan konsekuensi jika anak Anda tidak mengikuti aturan bisa menjadi cara untuk mengatasi kecanduan game. Namun, konsekuensi ini tidak berarti bahwa ibu dan ayah dapat menghukumnya secara fisik, seperti memukul atau mencubit si kecil, ingatlah.

Konsekuensi yang dimaksud dapat dianggap sebagai “hukuman yang baik”, misalnya mengurangi waktu bermain, menonton televisi atau fasilitas hiburan lain yang dinikmati anak Anda. Dengan cara ini Anda akan berusaha untuk mematuhi aturan yang dibuat agar tidak ada pengurangan waktu bermain.

Check This :   5 Essential Elements For Youtube Shorts Render settings

Selain konsekuensinya, berikan juga hadiah kepada anak jika ia mampu mematuhi aturan yang telah ditetapkan, misalnya dengan menyajikan makanan kesukaannya atau mengajaknya jalan-jalan. Hal ini juga akan melatih kedisiplinan pada anak.

apa saja efek dari kecanduan game?

Dampak dan Efek Kecanduan Game Online

Seringkali seseorang yang sudah kecanduan game online mengalami Gangguan tidur yang mempengaruhi sistem metabolisme tubuh, sering merasa lelah (fatigue syndrome), leher dan otot kaku, bahkan sindrom Carpal Turner.

dan juga apa-apa saja tanda-tanda saat kita candu bermain game?

Tanda-tanda kecanduan saat kalian bermain game

1. Luangkan banyak waktu untuk bermain
2. Aktivitas sehari-hari terganggu
3. Kesulitan berkonsentrasi dan berkonsentrasi
4. Mudah kesal, sedih, atau depresi saat tidak bermain
5. menarik diri / menjauhi diri dari pergaulan
6. Pekerjaan terbengkalai
7. Lupa makan, minum atau tidur
8. Berbohong kepada orang lain untuk bermain
9. tidak ragu untuk menghabiskan banyak uang untuk permainan

Originally posted 2022-08-29 18:27:43.

Related Articles

Back to top button